nama :PANDHIKA RACHMAN
KLS :2DB11
NPM :31108497



A. Diketahui citra 64x64 dengan nilai keabuan dan jumlah kemunculan nilai keabuannya sebagai berikut:


1. Lengkapi frekuensi kemunculan nilai keabuan citra diatas.
Jawab:


2. Berapa resolusi citra dan ukuran pixel dari citra tersebut, jelaskan
Jawab: 64x64
3. Berapa derajat keabuan dari citra tersebut, jelaskan
Jawab: 9 derajat keabuan yaitu dari 0,1,2,3,4,5,6,7,10=9

4. Berapa bit citra tersebut disimpan untuk setiap pixelnya, jelaskan
Jawab: 2^n=10, n=4bit karena 2^4=16 jadinya 10 masuk disini

5. Lakukan penempatan dengan metode Huffman
Jawab:





6. Sebutkan kode biner untuk setiap derajat keabuan
Jawab:
0:00 =2
1:10 =2
2:01 =2
3:110 =3
4:1110 =4
5:11110 =5
6:111111 =6
7:1111101 =7
10:1111100=7

7. Berapa ukuran citra sebelum dan sesudah dimampatkan?
Jawab:
• ukuran citra sebelum dimampatkan yaitu
(64x64)x4bit = 1638 bit


• ukuran citra setelah dimampatkan yaitu
(720x2bit)+(911x2bit)+(888x2bit)+(666x3bit)+(345x4bit)+(212x5bit)+ (199x6bit)+(93x7bit)+(72x7bit) = 11825 bit

8. berapa nisbah pemampatan?
Jawab: nisbah pemampatan = 100%-11825/16384x100%=27,83

9. termasuk klasifikasi metode pemampatan apa pemampatan diatas? Jelaskan!
Jawab: metode lossless, menghasilkan citra yang sama dengan citra semula,tidak ada informasi yang hilang, nisbah/ratio pemampatan sangat rendah

10. dan termasuk jenis pemampatan apa,jelaskan!
Jawab:jenis pemampatan pendektan statistic. Melihat frekuensi kemunculan derajat keabuan pixel.


B. Diketahui citra yang direspresentasikan sebagai matriks dan dengan nilai keabuan nya sebagai berikut:



1. Berapa resolusi citra dan ukuran pixeldari citra tersebut,jelaskan!
Jawab: ukuran 12x12

2. Berapa derajat keabuan dari citra tersebut,jelaskan!
Jawab: 15 derajat keabuan

3. Berapa bit citra tersebut disimpan untuk setiap pixelnya, jelaskan
Jawab: intensitas, 0-14=15, 2^n-15 n=4bit

4. Lakukan penempatan dengan metode Huffman
Jawab:
1. (0.5) (2.7)
2. (3.3) (4.6) (1.1)
3. (1.3) (5.9)
4. (5.1) (7.11)
5. (10.4) (14.8)
6. (13.2) (11.7) (9.3)
7. (9.12)
8. (8.8) (7.4)
9. (7.2) (6.2) (5.1) (4.5) (3.2)
10. (3.4) (2.3) (0.5)
11. (1.6) (2.6)
12. (3.9) (0.3)

5. Berapa ukuran citra sebelum pemampatan?
Jawab: (12x12)x4bit = 576bit

6. Berapa ukuran citra sesudah pemampatan?
Jawab: (29x4bit)+(29x3bit) = 203 bit

7. Berapa nisbah pemampatan?
Jawab: nisbah pemampatan =100%-203/576x100% = 64.76

8. Termasuk klasifikasi metode pemampatan apa,pemampatan diatas,jelaskan/
Jawab: metode lossy. Menghasilkan citra yang hampir sama dengan citra semula, ada informasi yang hilang akibat pemampatan tapi masih bisa ditolerir oleh persepsi mata, nisbah/ratio pemampatan tinggi


9. Dan termasuk jenis pemampatan apa,jelaskan?
Jawab: jenis pemampatan Pendekatan ruang, melihat hubungan antar pixel yang mempunyai derajat keabuan yang sama pada wilayah dalam citra

10. Apa yang anda ketahui tentang metode pemampatan RLE, jelaskan?
Jawab: metode Run Length Encoding cocok untuk pemampatan citra yang memiliki kelompok pixel berderajat keabuan yang sama


C. Diketahui citra yang direpresentasikan sebagai matriks dan dengan nilai keabuan nya sebagai berikut:





1. Berapa resolusi citra dan ukuran pixel dari citra tersebut,jelaskan?
Jawab: ukuran 15x9

2. Berapa derajat keabuan dari citra tersebut, jelaskan?
Jawab: 15 derajat keabuan

3. Berapa bit citra tersebut disimpan untuk setiap pixelnya, jelaskan?
Jawab: 2^n=10, n=4bit karena 2^4=16 jadinya 10 masuk disini

4. Lakukan pemampatan dengan metode kuantisasi?
Jawab:

5. Berapa ukuran citra sebelum pemampatan?
Jawab: (15x9)x4 = 540bit
6. Berapa ukuran citra sesudah pemampatan?
Jawab: (15x9) x 3 = 405 bit

7. Berapa nisbah pemampatan?
Jawab: 100% -(405/540) x 100%= 25%

8. Termasuk klasifikasi metode pemampatan apa pemampatan diatas, jelaskan?
Jawab: metode loseless ,karena menghasilkan citra yang sama dengan citra yang semula,tidak ada informasi yang hilang,nisbah/pemampatan ratio
Sangat rendah.

9. Dan termasuk jenis pemampatan apa? Jelaskan
Jawab: pemampatan kuantitasi: mengurangi jumlah derajat keabuan yang tersedia.

10. Apa yang anda ketahui tentang metode pemampatan kuantisasi? Jelaskan
Jawab:
- buat histogram citra yang akan dimampatkan. P jumlah pixel
- identifikasi n buah kelompok di histogram sedemikan sehingga setiap kelompok mempunyai kira-kira p/n pixel
- nyatakan setiap kelompok dengan derajat keabuan 0 sampai n-1. Setiap kelompok dikodekan kembali dengan nilai derajat keabuan yang baru.
Diposting oleh pandhika rachman
Rabu, 02 Desember 2009 di 19.55 | 0 komentar  
1. Jelaskan evolusi dari Computer Based Information System!

Dalam beberapa hal tiap subsistem CBIS identik dengan organisme hidup yakni lahir, tumbuh, matang, berfungsi dan mati. Proses evolusi tersebut dinamakan siklus hidup sistem (system life cycle – SLC).

Pengembangan CBIS mengikuti system life cycle, yang terdiri dari :

Siklus hidup suatu sistem bisa berlangsung beberapa bulan ataupun beberapa tahun (dalam satuan bulan atau tahun). Penentu lama dan yang bertanggung jawab atas SLC berulang ialah pemakai CBIS.

Walau banyak orang mungkin menyumbangkan keahlian khusus mereka untuk pengembangan sistem berbasis komputer, pemakailah yang bertanggung jawab atas siklus hidup sistem. Tanggung jawab untuk mengelola CBIS ditugaskan pada manajer.

Seiiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus hidup dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Tanggung jawab keseluruhan manajer dan dukungan tahap demi tahap yang diberikan oleh spesialis informasi digambarkan pada Gambar 1.14.

Ketika manajer memilih untuk memanfaatkan dukungan para spesialis informasi, kedua pihak bekerjasama untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah, mengidentifikasi dan mengevaluasi solusi alternative, memilih solusi terbaik, merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, membuat basis data, dan menjaga kemutakhiran sistem.



2. Jelaskan manfaat dan kendala yang dapat diantisipasi dari E-Commerce!

Manfaat yang dapat diantisipasi dari E-Commerce :
Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.

Kendala yang dapat diantisipasi dari E-Commerce :
Biaya tinggi.
Masalah keamanan.
Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.


3. Jelaskan model yang digunakan dalam Model Sistem Umum Perusahaan!


Definisi Model : penyederhanaan dari suatu objek.

Model mewakili sejumlah objek atau aktifitas yang disebut entitas.

JENIS-JENIS MODEL :

1. Model Fisik ; penggambaran entitas dalam bentuk 3 dimensi.

2. Model Naratif ; menggambarkan entitas secara lisan atau tulisan.

3. Model Grafik ; menggambarkan entitas dengan sejumlah garis atau symbol.

4. Model matematika ; sebagian besar perhatian dalam pembuatan bisnis (business modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Keunggulannya, ketelitian dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek.


Kegunaan Model :

1. Mempermudah Pengertian, suatu model pasti lebih sederhana dari pada entitasnya. Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan dalam cara yang sederhana.

2. Mempermudah Komunikasi, setelah problem solver mengerti entitasnya, pengertian itu sering pula dikomunikasikan pada orang lain.

3. Memperkirakan Masa Depan, ketelitian dalam menggambarkan entitas membuat model matematika dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat disediakan model-model jenis lain.

“MODEL SISTEM UMUM”

1. Sistem Fisik, merupakan sistem terbuka, yang berhubungan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya fisik.


Arus sumber daya fisik yang mengalir :

1. Arus material.

2. Arus personil.

3. Arus mesin.

4. Arus uang.

Sistem Fisik Perusahaan sebagai system yang terkendali

2. Sistem Konseptual,

Sebagian sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri, sebagian lagi tidak. Pengendalian ini dapat dicapai dengan menggunakan suatu lingkaran yang disebut “Lingkaran Umpan Balik” yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari sistem ke mekanisme pengendalian begitu pula sebaliknya.

a. Sistem Lingkaran Terbuka.

b. Sistem Lingkaran Tertutup.


Pengendalian Manajemen; pihak manajemen menerima informasi yang menggambarkan output sistem.

Pengolah Informasi; Perjalanan informasi tidak selalu dari sistem fisik kepada manajer. Para manajer memperoleh informasi dari sistem yang menghasilkan informasi dari data yang terkumpul.

4.Apa yang anda ketahui tentang konsep Management By Exception,jelaskan!


suatu gaya yang diikuti manajer, yaitu manajer terlibat dalam aktifitas hanya jika aktifitas itu menyimpang dari kinerja yang dapat diterima.


Perbandingan antara kinerja yang direncanakan dengan kinerja actual. Sehingga informasi dapat langsung didapat dan digunakan untuk menyelesaikan setiap permasalahan.
Diposting oleh pandhika rachman
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates